-->
yrDJooVjUUVjPPmgydgdYJNMEAXQXw13gYAIRnOQ

Postingan Populer

Bookmark

Hal yang Patut Kamu Syukuri Dan Banggakan dari Indonesia




                  
      Jika masyarakat ditanya 'Apakah kamu bangga menjadi orang Indonesia?'. Pasti salah satunya atau bahkan mayoritasnya akan menjawab ‘tidak’ untuk pertanyaan ini. Ada banyak alasan mengapa orang Indonesia tak bangga menjadi bagian dari negaranya sendiri. Baik itu karena masalah korupsi, hukumnya memihak, kesenjangan ekonomi, permainan politik kotor, atau bisa jadi karena banyak dari masyarakatnya yang kurang berdisiplin. Tentu masalah-masalah tersebut menjadi alasan wajar yang membuat sebagian orang tak bangga jadi warga negara Indonesia. Namun sebetulnya ada banyak hal yang patut dibanggakan dari tanah air kita ini yang bahkan membuat bule iri kepada kita. Berikut hal-hal yang patut kita syukuri dan kita banggakan dari Indonesia.
 
1). Sambal yang Bervariasi
          
      Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Terutama dari rempah-rempahnya yang pernah menjadi rebutan bangsa lain. Dari bermacam macam rempah yang ada, banyak pula macam sambal yang dikreasikan masyarakatnya. Seperti sambal tomat, sambal balado, sambal terasi, sambal cabe ijo, sambal kacang, sambal bawang, sambal matah, sambal kecap, sambal ikan bakar, sambal dabu-dabu, sambal teri, sambal peda dan masih banyak lagi yang tak dapat saya sebutkan satu persatu. Nah, hebat bukan ? Di Indonesia memang banyak sambal yang dapat kita nikmati, tak seperti di luar negeri yang mungkin hanya bisa menikmati makanan dengan dibumbui saus, dan kecap saja.
 
2). Tak Mempermasalahkan Jumlah Anak
    
      Di negeri orang, memiliki anak lebih dari satu sangatlah sulit. Bahkan sangat enggan. Ini dikarenakan kebijakan pemerintah terhadap pertumbuhan penduduknya yang meledak. Lalu pemerintah pun membuat kebijakan satu anak cukup untuk menekan angka kelahiran yang sangat tinggi. Orang yang terbilang kaya dan mampu mengurusi banyak anak pun tak diperkenankan bahkan dilarang memiliki banyak anak. Apalagi bagi mereka yang kurang mampu dan sejahtera. Nah, tapi lihatlah, di Indonesia kita berhak memiliki dua anak atau lebih. Orang yang sejahtera maupun kurang sejahtera pun bisa memiliki banyak anak. Lihatlah, kebanyakan orang yang mempunyai banyak anak adalah orang yang kurang sejahtera, tapi toh mereka bisa mengurusi anak-anaknya bahkan misalkan sebelas anak, supaya bisa menjadi kesebelasan klub bola. Tapi tentu Indonesia memiliki kebijakan untuk menurunkan angka kelahiran, yaitu dengan program KB.
        
3). Keragaman dan Toleransi
       
     Di Indonesia ada ratusan suku bangsa, ratusan etnis, bahasa dan  beberapa agama. Semua hidup bersama dan saling menghargai dalam harmoni. Hal itu menghasilkan kekayaan ragam budaya di Indonesia. Jarang sekali ada sebuah bangsa yang mampu menjaga keragaman sebanyak Indonesia dengan sangat baik dan bertoleransi. Dengan sangat banyak ragam adat dan budaya, Indonesia mempunyai potensi yang hampir  tanpa batas. Banyak sekali seni budaya yang bisa dinikmati dan diolah.Mengingat tidak banyak Negara dengan keragaman sekaya Indonesia, maka pantaslah bila Negara lain kagum sekaligus iri dengan keragaman kita.
          
4). Beriklim Tropis
        
     Negara kita ini hanya memiliki dua musim saja, yaitu musim kemarau dan penghujan. Karena Indonesia hanya memiliki dua musim saja, ada banyak keuntungan yang kita dapatkan, seperti :
    
1.Mudahnya berbisnis perkebunan, & pertanian
2.Sepanjang tahun disinari matahari
3.Mempunyai banyak tanah yang subur
4.Curah hujan yang relatif tinggi
5.Berkembang baiknya flora dan fauna yang beraneka ragam
6.Temperatur yang tidak terlalu ekstrim. Tidak terlalu panas seperti di Padang pasir, ataupun tidak terlalu dingin seperti di daerah kutub.
7.Melimpahnya barang tambang (Emas, Tembaga, timah ,dll.)
       
5).Tempat Berkumpulnya Makanan Lezat Dunia
         
     Dengan banyaknya kebudayaan dan kekayaan alam Indonesia, banyak pula makanan tradisional yang tercipta. Mulai dari makanan lokal hingga makanan yang terkenal kelezetannya di dunia internasional. Kita yang tinggal di Indonesia ini pasti sudah sangat sering menemui berbagai macam makanan Indonesia dan tidaklah jarang kita merasa bosan untuk makan makanan khas tersebut. Tapi ternyata ada banyak makanan Indonesia yang sangat terkenal di luar negeri. Misalnya, Makanan khas dari Sumatera Barat ini biasanya terbuat dari daging sapi,tapi masyarakat kini sering mengganti daging sapi menjadi ayam. Rendang khas dengan rasa pedas dan bumbu rempah-rempahnya, dimasak sampai berwarna hitam pekat. Disamping itu rendang juga bisa bertahan sampai berminggu minggu. Ada lagi, Sate ! Yang rasanya super sedap dengan bumbu dan daging panggangnya yang ditusuk lidi. Serta aroma khas saat sate dipanggang. Tak hanya itu, makanan Indonesia yang terkenal lainnya seperti gado-gado, bakso, nasi goreng, ketoprak, gulai, dan masih banyak lagi yang tak dapat saya sebutkan. Nah, di Indonesia kita tak pernah bosan mencoba ini dan itu, sedangkan kalau kita keluar negeri kita pasti bosan makanannya roti melulu.
     
6). Mitos yang Membangun
         
   Di Indonesia ada jutaan penduduk dan ribuan suku serta budaya kepercayaan. Nah, dari berbagai kepercayaan dan kebiasaan tersebut munculah beberapa mitos yang sampai sekarang masih banyak orang yang mempercayainya. Namun untunglah mitos tersebut bersifat mendidik namun kadang tak masuk akal. Misalnya, 'Jangan tebang pohon beringin itu, itu pohon keramat !'. Dari contoh mitos tadi, kekeramatan sebuah benda memang terdengar bullshit dan seperti takhayul. Namun jika kita melihat dari sisi yang berbeda, kita memahami kalau menebang pohon itu mengakibatkan bencana, apalagi jika sampai menggunduli hutan. Contoh lain, 'Menyapulah dengan bersih jika tak ingin mendapat suami brewokan!'. Mitos ini biasanya diucapkan oleh orangtua ke anak gadis mereka. Jika kita amati, memang tak ada kaitannya sama sekali antara menyapu dengan pria brewokan. Namun dibalik itu anak gadis diajarkan untuk menuntaskan pekerjaan langsung tidak setengah-setengah. Satu lagi, 'Makannya harus habis, kalo nggak nanti dihadang ular raksasa !'. Di mitos ini, saya tegaskan, tak ada hubungannya sama sekali antara sisa makanan kita dengan ular raksasa atau semacamnya. Tapi, orangtua kita mendidik kita untuk mensyukuri rejeki dengan tidak memubazirkannya. Nah, sobat ! Itulah beberapa mitos membangun yang dapat saya sebutkan, dan tentu masih banyak lagi 'mitos membangun' yang tak dapat saya sebutkan satu-satu.
        
7). Banyaknya Sektor Wisata
   
       Alam Indonesia yang indah dan mempesona dengan keragaman budaya yang unik membuat siapa pun ingin berlama-lama di Indonesia. Setiap Provinsi di Indonesia pasti memiliki tempat wisata. Entah itu wisata alam, hiburan, suaka margasatwa, peninggalan sejarah, dsb.. Kekayaan wisata di Indonesia ini bahkan menjadi salah satu penyumbang terbesar pemasukan bagi negara dan sektor wisatalah sektor yang paling berpotensi memajukan perekonomian Indonesia. Hingga pemerintah mengembangkannya dengan membuat program 'Pesona Indonesia'. Tapi tentunya didukung dengan wisata terkenal diantara pelancong, misalnya Candi Borobudur & Prambanan; Gunung Bromo, Slamet, Semeru, & Tangkuban Perahu; Taman Nasional Bunaken, Pulau Komodo ; Pantai Parangtritis, Pangandaran, Kuta, Ancol dan wisata paling terkenal, Raja Ampat ; serta masih banyak lagi. Nah, bagaimana ? Masih tetap mau keluar negeri? Indonesia punya lebih banyak lohh ! Dan pastinya dengan harga terjangkau.
Nah, bagaimana ? Indonesia adalah negara yang diperebutkan bangsa asing, tapi mengapa kita yang warganya sendiri tak bangga dan bersyukur bisa hidup di Indonesia ?
   
"Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan ?"
"Maka nikmat di Indonesia yang manakah yang kamu dustakan ?"
1 comment

1 comment

Peraturan berkomentar:
» Berkomentarlah dengan bijak
» Jangan meninggalkan spam, promosi dan link aktif. Jika memaksa, link tak boleh aktif (titik diganti dengan koma). Contoh masrenoblog,blogspot,com
  • Pongery
    Pongery
    March 9, 2018 at 3:13 AM
    Indonesia memang memiliki keindahan yang tiada taranya dan beragam
    Reply