-->
yrDJooVjUUVjPPmgydgdYJNMEAXQXw13gYAIRnOQ

Postingan Populer

Bookmark

Mengkritik Dengan Bijak: Menghadapi Masalah Tanpa Hanya Menyalahkan


             
   Apa itu kritik ? Apa itu solusi ? Kritik adalah sebagai celaan atas suatu keadaan, tindakan, atau yang kita anggap menyimpang dan tidak benar. Misalnya, kondisi suatu kota yang sering dilanda banjir tiap musim hujan.Oleh karena itu, kita mengkritiknya sebagai kecaman atas kegagalan para pemerintah kota dalam mengurus dan mengeluarkan masalah dari kotanya. Kritik bisa juga berarti tanggapan atau pertimbangan atas baik atau buruknya suatu karya, contohnya puisi, cerita pendek, novel, buku atau bahkan pementasan drama. Sedangkan solusi adalah jawaban atau jalan keluar dari sebuah masalah. Mengkritik tanpa memberikan solusi ibarat ada orang yang kehausan meminta kita memberikannya minum. Namun anda hanya memberikan sebuah gelas yang tak berisi air.
     Mengkritik memang sudah menjadi seperti budaya kita .Tapi sebaiknya, sebuah kritikan tak hanya semata- mata dapat terlihat sebagai nyinyiran, namun juga memberikan solusi atau jalan keluar agar yang dikritik itu merasa terbantu dan kritikan anda terlihat berkualitas.
             
      Nah, Untuk mengetahui cara-cara mengkritik yang berkualitas, baik dan sopan serta tidak semata mata hanya karena 'nyinyiranan' yang mengandung kebencian. Artikel MyBlog19 kali ini akan membahas mengenai cara agar kritik kita bermutu. Simaklah beberapa ulasan di bawah ini.
1). Kritik dilontarkan untuk memperbaiki pendapat atau perilaku seseorang dan bukan didasarkan atas rasa kebencian terhadap orangnya.
2). Sertakan alasan dan bukti-bukti yang kuat serta meyakinkan orang sehingga orang itu menyadari kesalahannya.
3). Berbicaralah dengan efektif. Inti permasalahan harus bisa ditangkap dengan mudah oleh orang yang kita kritik. Pilihlah kata-kata yang tidak menyinggung perasaan. Jadi, carilah kata-kata yang sopan dan bermutu, tetapi tetap tidak mengurangi esensi kritiknya.
4) Tidak menggunakan kalimat kalimat kasar, mengungkit- ungkit kesalahan, dan tetap bersopan santunlah.
         
       Jadi kritikan yag baik itu yang berisi:
1) Alasan mengapa anda mengkritiknya
Misalnya anda ingin mengkritik pemerintah karena sulitnya akses menuju desa anda.
2) Suatu masalah yang anda kritik
Misalnya anda mengingatkan pemerintah untuk membangun jalan di desa terpencil agar bisa mendapatkan layanan dengan mudah.
3) Solusi atau jalan keluar yang dapat membantu orang yang anda kritik
     
2 comments

2 comments

Peraturan berkomentar:
» Berkomentarlah dengan bijak
» Jangan meninggalkan spam, promosi dan link aktif. Jika memaksa, link tak boleh aktif (titik diganti dengan koma). Contoh masrenoblog,blogspot,com
  • Pongery
    Pongery
    March 9, 2018 at 3:18 AM
    Terkadang yang mengkritik hanya melihat keburukannya saja min
    • Pongery
      Reno Apriliyandi
      March 9, 2018 at 3:44 AM
      Itulah karena kebencian dan budaya sumbu pendek
      Ujung-ujungnya ngungkit kesalahan masa lalu
    Reply