-->
yrDJooVjUUVjPPmgydgdYJNMEAXQXw13gYAIRnOQ

Postingan Populer

Bookmark

Tutorial Membuat Blog Untuk Pemula





     Mungkin Sobat MyBlog19 sedang kebingungan tentang bagaimana caranya membuat sebuah blog, entah karena tugas sekolah yang diharuskan murid-muridnya agar mendapat nilai praktek pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) , ataukah ada sebab lain seperti ingin berbagi ilmu yang bermanfaat, kata mutiara, kata bijak, kumpulan cerpen dan kisah lucu, atau sebuah artikel untuk dapat diketahui oleh khalayak umum wargaNet, ataupun Sobat ingin membuat blog karena ada teman yang bisa mendapatkan penghasilan dari blog.
      Pada dasarnya, blog adalah situs yang menghubungkan postingan- postingan atau artikel karya dari penulis blog. Lalu mengapa harus di blogger/ blogspot ? Kan masih ada yang lain seperti Wordpress? Jawabannya adalah Karena di situs blogger tersebut kita dapat membuat blog secara gratis dan juga telah bekerja sama dengan Google, jadi blog yang dibuat Sobat Myblog19 bisa tampil di hasil penelusuran mesin pencari Google. Dan di Blogger.com tampilannya sangat simple untuk yang masih awam atau yang masih pemula serta mudah untuk diedit atau diotak-atik seperti mengganti template atau background blog, menambah widget seperti kalender, jam dinding, dsb..
       Nah, di artikel Myblog19 ini, saya akan membagikan sebuah tutorial untuk membuat blog. Namun sebelum sobat mulai membuat blog, pastikan anda telah mempunyai akun gmail. Dan untuk langkah seterusnya, silahkan sobat menyimak !
      
1.Buka WebSite Blogger
     
      Ketiklah blogger.com dikolom URLbar, maka akan sobat dapati tampilan seperti di atas. Lalu kliklah 'Buat Blog' atau 'Create New Blog'. Lalu akan terbuka ke halaman selanjutnya.

2. Masuk ke Akun Google
      
     Sama halnya seperti Facebook, Blogger juga memerlukan sebuah akun email. Berhubung Blogger bekerja sama dengan Google, maka email yang diperlukan adalah @gmail.com. Jadi, jika anda ingin membuat blog, harap untuk membuat akun Google terlebih dahulu. Dan setelah anda mengikuti langkah pertama, maka akan terbuka situs login akun google. Isilah dengan baik tanpa membuat kesalahan dengan salah menulis kata sandi misalnya. Karena meskipun hanya sehuruf dan sekali saja salahnya, Google akan mencurigai ada penyusup yang berusaha meretas akun anda. Jadi isilah dengan benar ya, sob! Setelah itu klik BERIKUTNYA
     
3. Pilihan Opsi Profil

         

      Mungkin yang anda pikirkan anda akan menuju ke halaman dashboard Blogger. Tidak ! Sebelum itu pilihlah profil yang anda sukai, di sana ada pilihan akun Google+ atau juga bisa profil akun Blogger. Namun saran saya bagusnya pilih akun Google+. Karenanya, pilih dan klik 'Buat profil Google+'.
          
4. Create Profil
     
    Halaman yang terbuka adalah formulir data diri anda. Di formulir ini, data telah terisi otomatis berdasarkan akun google. Namun jika menurut anda ada sesuatu yang perlu diubah, maka anda dapat mengeditnya di sini. Jika sudah selesai, maka klik CREATE PROFIL.
     
5. Buat Blog

    Jika profil Google+ anda sudah berhasil dibuat. Selanjutnya, pilih dan klik 'Lanjutkan ke Blogger'. Untuk membuat blog baru, pilih dan klik tombol BUAT BLOG BARU yang terletak di samping kanan. 
        
9. Identitas Blog
     
     

    Jika anda telah melalui langkah- langkah di atas. Maka akan terbuka tampilan seperti di atas.
    Silakan isi sesuai petunjuk nomor dibawah ini :
     
» 1: Tulislah judul blog yang anda tujuan yang anda sukai, misal 'MyBlog19' atau 'S eputar Kesehatan Jasmani'
» 2: Tulislah url yang anda inginkan untuk blog anda, misalnya 'abdulkece226.blogspot.com' atau 'rayy07now.blogspot.com. Kalau di sampingnya ada tanda ceklis berarti alamat url blog tersebut ada dan bisa anda gunakan.
» 3 : Pilihlah template yang anda sukai untuk dipasang pada blogmu.
       
10.Buat Blog
      
Setelah itu, pilih Buat blog ! Maka, selamat blog baru anda selesai dibuat. Tapi tentunya, blog anda masih kosong. Maka dari itu, anda harus mengetahui cara menulis konten di blogger dan sebagainya.
   
11.Entri baru
     
       Klik tombol 'Entri baru' untuk memulai untuk menulis konten. Dan akan terbuka situs seperti tampilan Ms. Word untuk anda mengetik. Silahkan ketiklah apa yang anda ingin publikasikan. Sebelum mengetik, berilah judul dan label untuk postingan anda. Jika tulisanmu telah kamu anggap selesai, maka ketik 'Publikasikan', namun jika kamu ingin menyimpannya, pilih dan klik 'Draf' atau 'Simpan'.

Sekian yang bisa saya bagikan, Terimakasih!
1 comment

1 comment

Peraturan berkomentar:
» Berkomentarlah dengan bijak
» Jangan meninggalkan spam, promosi dan link aktif. Jika memaksa, link tak boleh aktif (titik diganti dengan koma). Contoh masrenoblog,blogspot,com
  • Pongery
    Pongery
    March 9, 2018 at 3:14 AM
    mantap ilmunya bermanfaat banget bagi bloger pemula kayak saya ini
    Reply