-->
yrDJooVjUUVjPPmgydgdYJNMEAXQXw13gYAIRnOQ

Postingan Populer

Bookmark

Trik Hemat Baterai Pada Gadget Androidmu




   Di jaman sekarang, manusia sudah tak asing lagi dengan benda yang namanya gadget. Penggunaan gadget yang terbilang sering (bahkan terlalu sering) bisa menyebabkan lupa waktu karena kecanggihannya. Namun secanggih canggihnya gadget, sahabat pasti pernah punya masalah pasal daya baterai yang cepat habis. Pada masalah baterai misalnya kita sudah charge 100% dalam waktu yang lama. Tapi dalam penggunaannya terkadang  ponsel atau komputer sudah habis dalam waktu yang terbilang sebentar saja. Lalu bagaimana solusinya ? Apa saja penyebabnya ? Simak tips- tips berikut supaya ponsel atau komputer anda tak mengalami masalah lagi pasal baterai yang cepat menurun.
     
1) Atur Kecerahan Layar Segelap Mungkin
   
     Sobat juga tahu, layar adalah komponen yang paling banyak menyedot daya, terutama jika kecerahannya yang tinggi sehingga status baterai lebih cepat menurun. Cara yang paling efektif adalah dengan mengatur brightness atau kecerahan layar sampai seredup mungkin. Namun sebaiknya disesuaikan sampai  batas kenyamanan untuk penglihatan anda.
      Dan sebaiknya sobat jangan menggunakan kecerahan otomatis (auto brightness). Meskipun fitur ini dapat membantu menyesuaikan kecerahan berdasarkan pada ruangan yang kita diami. Namun terkadang fitur ini justru akan memberikan tingkat kecerahan berlebih dari yang kita butuhkan.
     
2) Airplane Mode / Mode Pesawat
    
    Mode pesawat dapat menonaktifkan secara otomatis beberapa fitur gadget anda. Fitur tersebut ialah jaringan ,data, GPS, bluetooth, dan Wi-Fi. Tapi tenang saja, ini hanya berlaku sementara hingga mode pesawatnya dinonaktifkan. Berikut langkah langkah mengaktifkan mode pesawat :
    
1.pilih opsi MENU
2.pilih Pengaturan (settings)
3.pilih Wireless & Networks (jaringan dan nirkabel)
4.kemudian centang dengan mengklik opsi Mode Pesawat (Air Plane ) / (flight Mode) .
     
     Dengan mengubah ke Mode Pesawat akan sangat membantu menghemat baterai Android. Yaitu bisa sampai 60%. Saya sendiri selalu mengaktifkan mode pesawat pada saat tidak membutuhkan fitur-fitur diatas. Misalnya saat bermain game offline yang tentu tak akan membutuhkan data untuk memainkannya.
      
3) Gunakan Wallpaper Gelap
     
      Saya sudah mengatakan bahwa kecerahan yang tinggi bisa membuat status baterai cepat menurun. Maka sebaliknya, keredupan warna gelap bisa menghemat baterai. Nah, jika kita menggunakan wallpaper gelap maka layar juga akan terlihat gelap dan redup sehingga daya baterai yang digunakan pun sedikit. Sebuah hasil penelitian pun mengatakan kalau menggunakan wallpaper gelap  dapat menghemat daya sebesar 6% setiap jamnya pada kecerahan 20%. Jadi apa salahnya dicoba ? Kalian bisa memilih wallpaper gelap yang ada di bawah !
          
4) Matikan Fitur Feedback Vibrate
   
     Getaran atau Vibrate adalah salah satu faktor besar yang memengaruhi daya baterai setelah layar. Getaran yang terjadi menggunakan motor eletrik yang besar. Dan tentu daya yang digunakan juga lumayan besar. Getaran- getaran yang terjadi ini biasanya pada saat muncul notifikasi SMS, sosial media, berita pada browser, pembaharuan aplikasi, dan Feedback (umpan balik). Dan semakin sering terjadi getaran, maka daya pun semakin berkurang. Maka dengan menonaktifkan getaran dapat menghemat daya.
       
5) Nonaktifkan Fitur Pintar
    
     Fitur pintar pada Android dapat berupa rotasi otomatis (Potrait → Lanscape). Meskipun kedengarannya sepele namun daya yang dibutuhkan ternyata tidak sedikit. Ya.. meskipun kadang fitur ini banyak berguna. Namun sebaiknya dimatikan saja saat anda tidak menggunakannya.
Karena fitur pintar dapat menguras banyak daya pada baterai.
       
6) Aktifkan Mode Hemat Daya
      
     Di masa sekarang sudah banyak gadget- gadget yang dilengkapi dengan fitur ini. Mode hemat daya dapat membantu menghemat daya pada baterai. Bentuk 'aksinya' biasnya pada saat gadget berada dalam kondisi LowBat, kecerahan layarnya akan diredupkan, dan aplikasi yang berjalan pun akan dihentikan. Dengan demikian, baterai bisa berhemat.
     Namun, jika ponsel anda tak mempunyai fitur ini. Anda dapat mengunduh aplikasi penghemat baterai. Namun saya sarankan yang size- nya kecil saja.
7) Matikan Aplikasi Latar Belakang
    
     Nah, saat anda selesai menggunakan aplikasi, sebaiknya matikan aplikasi dengan menekan 'Paksa Berhenti' pada info aplikasi yamg sedamg berjalan. Aplikasi- aplikasi tersebut biasanya aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, BBM, dsb. , dan aplikasi Layanan Google Play. Namun jika hanya saat anda tidak membutuhkannya, maka sebaiknya dimatikan saja.
Semoga infonya bermanfaat
Share ya sobat !
And my promiss, wallpaper !
Post a Comment

Post a Comment

Peraturan berkomentar:
» Berkomentarlah dengan bijak
» Jangan meninggalkan spam, promosi dan link aktif. Jika memaksa, link tak boleh aktif (titik diganti dengan koma). Contoh masrenoblog,blogspot,com